Pengenalan Yii Framework 2 - Framework PHP yang cepat, aman dan profesional


Yii adalah Framework PHP yang berbasis component dengan performa tinggi, cocok untuk membangun web application modern yang berkembang dengan cepat. Nama Yii sendiri (dibaca Yee) diambil dari bahasa china yang berarti "SImple dan Revolusioner", yang biasa juga dipakai sebagai akronim Yes It Is! (ya memang begitu).

Neh sobat developer, ketemu lagi juga sama saya, jangan bosen-bosen ya baca artikel saya di blog ini, karena sekarang saya mau memperkenalkan yii kepada kalian.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa Yii adalah sebuah Framework untuk PHP, ngga tau apa itu framework? waduh, yaudah check disini untuk post saya tentang framework.

Jadi framework ini tuh digunakan untuk membantu kita membangun website modern dengan cepat. Yii adalah Generic Web Programming framework, yang artinya kita bisa gunakan framework ini untuk membangun semua jenis aplikasi web yang menggunakan bahasa PHP. Yii sangat cocok untuk membangun aplikasi berskala besar dengan dukungan arsitekturnya yang berbasis komponen dan juga caching support. Cocok deh buat bikin portals, forums, content management systems (CMS), e-commerce, RESTful Web services, dan lainnya.
Saat ini versi terbaru Yii pada tanggal penulisannya blog ini adalah Yii versi 2 atau Yii2.

Sebenarnya Yii bukanlah satu-satunya framework untuk PHP, diluar sana masih banyak framework php yang populer seperti Code Igniter, Laravel, Symfony, dan lain seterusnya. Tapi seperti kebanyakan PHP Framework lainnya, Yii mengimplementasikan arsitektur MVC (Model-View-Controller), dimana kita membagi aplikasi kedalam 3 bagian utama yaitu :

  1. Model, yaitu bagian aplikasi yang merepresentasikan database kedalam sebuah object yang bisa kita manipulasi sesuka hati, intinya menghubungkan aplikasi dengan database tapi dalam bentuk object, bukan berupa raw table.
  2. View, yaitu bagian aplikasi yang berfungsi sebagai Interface atau Tampilan antar muka dengan pengguna, terserah mau siapa aja yang lagi liat web nya.
  3. Controller, yaitu bagian kode yang berfungsi mengendalikan segalanya, mulai dari mengolah model, kemudian menampilkannya didalam view.
Kalian bisa baca lebih lengkap tentang MVC di tulisan saya yang satu ini.

Dengan menggunakan Yii kita bisa membangun web application yang object-oriented(berorientasi obect), semuanya dibentuk kedalam class-class dalam PHP yang lebih 'typed', memudahkan kita untuk membangun web skala besar.

Yii juga membuat kita lebih mudah menambahkan, dan me-manage plugin dari berbagai vendor, dengan dukungan composer mempermudah kita untuk install plugin, tinggal comot sana comot sini. Dan yang paling penting adalah Yii Open Source, artinya siapa saja bebas untuk menggunakan dan juga mengembangkannya lebih jauh.


Beberapa keuntungan menggunakan Yii :

1. Instalasi Mudah

Untuk anda developer mungkin, waktu adalah uang, dan ngabisin waktu cuma buat install dan mengkonfigurasi sebuah software ataupun framework pastilah suatu hal yang harus kita hindari.

Untuk itu Yii menjadi lebih practical disini, kita tinggal install melalui composer, tanpa konfigurasi pun Website kita sudah ready to load dengan template yang sudah disediakan. Tinggal saatnya kita mengembangkan dari start point ini.

2. Memanfaatkan Teknologi Modern

Pemprogramannya berorientasi object (OOP), juga memanfaat beberapa fitur PHP lanjutan, misalnya late static binding, SPL classes, interfaces, anonymous functions.

Semua classnya memiliki namespace, mempermudah kita untuk mengakses class dan fungsi-fungsi tertentu hanya ketika kita membutuhkannya. dengan pemanfaatan PSR-4 compliant autoloadernya.

3. Extensible

Semuanya bisa diperluas dan dimodifikasi dengan mudah, hanya dengan mengimplementasikan interfacenya atau meng inherit base class yang disediakan oleh yii.

4. Keamanan yang sederhana

Saat menggunakan Model, kita sudah tidak perlu direpotkan dengan SQL dan khawatir akan SQL Injection, karena yii sudah mengatur semuanya dengan otomatis, kita hanya tinggal fokus ke pengembangan ide website hebat kita.

5. GII

Gii adalah alat yang memungkinkan kita membuat template kode dengan cepat, configurable, dan yang paling penting otomatis. kita dapat scaffold sebuah code-code dengan cepat sepert :
  • Models
  • Controllers
  • Forms
  • Modules
  • Extensions
  • CRUD Controller actions dan views

6. Mempermudah Debugging

Dengan alat debuggernya mempermudah kita men-track suatu masalah atau bug dalam suatu aplikasi yang sedang kita kembangkan, mempermudah kita memonitor setiap request, profile performa aplikasi kita dan lain-lain.



Kesimpulan :

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment