Cara Membuat Game

Perkembangan pengembang game di indonesia begitu pesat, ditandai dengan banyak munculnya soloist developer, namun tak seikit pula dari mereka yang hanya membuang-buang waktu karena akhirnya gamenya tidak dapat rilis atau tidak selesai dikarenakan kurang matangnya perencanaan atau document game kurang jelas, baca Apa Yang Membuat Indie Developer Gagal Dalam Pembuatan Gamenya .

Menyangkut judul diatas, sebenarnya pembuatan game secara umum sendiri susah diartikan, Endrik Prasetyo mendefinisikan Membuat Game sebagai

"Membuat Game adalah menggabungkan Game Ready Asset yang terdiri atas Graphic 2D/3D, Sound, Program, ide dan mekanisme permainan, semuanya itu digabungkan dalam suatu project yang kemudian memberikan output sebuah Executable Game".

Penulis sendiri sebenarnya tidak akan menerangkan bagaimana pembuatan game secara mendalamnya, namun penulis akan menerangkan bagaimana saja proses yang terjadi dalam pembuatan game itu sendiri. Dalam pmbuatan game umumnya mempunyai beberapa langkah sebagai berikut :

1. Persiapan
dalam tahap ini kamu akan mempersiapkan segala kebutuhan untuk project game kamu, yang pasti kamu akan membutuhkan naskah game dan juga GDD (Game Design Document), dalam GDD tersebut tersusun informasi project, detil mekanisme dan ide permainan. dan juga jangan melupakan pendanaan dan SDM untuk memulai project kalian.

2. Pengembangan
disini kamu akan memulai membuat, mendisain, dan merancang game yang akan dibuat dengan cara menggabungkan asset-asset seperti pada definisi membuat game diatas.

3. Checklisting
jangan lupa juga untuk melakukan checklisting pada project anda, siapa tau ada yang belum dilakukan. jika semuanya sudah siapa maka saatnya kita finishing dan build.

4. Releasing
perilisan game dapat dilakukan dengan cara self publishing atau juga melalu pihak lain, contohnya mempublish game anda ke PlayStore dan media publishing lainnya.

nah dari sekian proses pembuatan game diatas itu sebaiknya dilakukan secara bagus. Jadi apakah teman-teman masih mau membuat game?

*share postingan ini jika bermanfaat

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment